BIOGRAFI KH. MA'MUN MA'SHUM
KH.Ma’mun Ma’shum atau lebih
dikenal dengan nama Mbah Ma’mun Beliau dilahirkan pada tanggal 5 Oktober 1918.
Beliau di lahirkan di tengah-tengah keluarga yang sederhana , dari pasangan
H.Ma’shum dan Hj.Mu’minah. Semenjak kecil beliau sudah dididik dengan didikan
khusus ayahandanya .
Ketika genap berusia 6 tahun
beliau beserta kakaknya diantar ayahandanya berkunjung ke seorang kyai yang
bernama Mohammad Arif dari Asem Cirebon. mulut mereka diludahi olehnya, beliau
langsung menelan ludah tersebut sedang kakaknya memuntahkannya. Setelah
kejadian itu beliau diperintah untuk menghafalkan nadzom-nadzom, diantaranya:
Tuhfatul Akhbab, Amriti dan Alfiyyah.
Ketika berumur 9 tahun beliau
sudah mampu menghafal nadzom Alfiyyah yang berjumlah 1002 bait, dari sini telah
tampak jelas kecerdasan yang beliau miliki, yang mungkin jarang terjadi pada
anak seusia beliau. Pada usia belasan tahun, mulailah beliau mengaji kitab
Alfiyyah yang langsung dididik oleh ayahandanya, setelah kitab Alfiyyah di
khatamkan, beliau nyantri kepada seorang kyai ahli alat yang bernama Kyai
Zakaria guru Kyai Sanusi Babakan, Ciwaringin, Cirebon-, disana beliau mengaji
beberapa ilmu salaf dengan penuh ketekunan dan kesemangatan.
A. Dari Pesantren ke Pesantren
Masa remaja beliau hanya
dihabiskan untuk mencari ilmu dari pesantren satu ke pesantren yang lain,
semangat beliau dalam menuntut ilmu sangat membara sekali sehingga terbersit
suatu cita-cita yang luhur. Di usianya yang ke 17 tahun dengan penuh semangt
beliau pergi menuntut ilmu ke daerah kadu gede kabupaten kuningan, disana
beliau berguru kepada Kyai Anwar selama kurang lebih empat bulan.
Kemudian beliau pulang ke rumah
dan meneruskan ngaji kepada ayahandanya. Setelah berusia 19 tahun beliau
menyantren lagi di daerah Gentur Sukabumi disana beliau berguru kepada Hadratus
Syeh Abdus Syukur. Ketika sedang semangat-semangatnya menuntut ilmu dan tidak
ada yang di pikirkannya, selain bagaimana cara menggapai cita-citanya yang
luhur, Syeh Abdussyukur gugur ditembak Belanda. Inna lillahi wa inna ilaihi
rojiuun.
Dengan hati yang sedih atas
berpulangnya syeh Abdussyukur ke Rahmat Allah. akhirnya beliau meninggalkan
pesantren Gentur untuk melanjutkan belajarnya ke pesantren Babakan
Ciwaringin,Cirebon, nyantri kepada Hadratus Syeh Kyai Sanusi dan Hadratus Syeh
Kyai Amin. Karena dinilai Kyainya bahwa beliau sudah cukup matang maka beliau
disuruh mengajar, akan tetapi entah dengan alasan apa beliau merasa keberatan
memenuhi perintah gurunya .
Akhirnya beliau melanjutkan
belajarnya di pesantren Babakan, namun hanya menimba ilmu kurang lebih dua
bulan. Kemudian beliau meneruskan pesantrennya ke Arjawinagun Cirebon, Nyantri
kepada Hadratus Syekh Syatori. Tatkala Kyai Syatori meniliti dan mengkaji
Alfiyyah dihadapan santri-santrinya, tiba-tiba Kyai Syatori mendapat
kemusykilan, maka Kyai Syatoripun mengajukan kepada dantri-santrinya untuk
memurosi nadzam tersebut.
Kemudian dari salah satu santri
yang duduk bersebelahan dengan mbah ma’mun menyeletuk seraya berkata: kulo
kyai”, Kyai Syatoripun mempersilahkan santri yang nyeletuk tadi (bernama Abbas)
untuk menjawab, akan tetapi Abbas menyerahkannya kepada Mbah Ma’mun dengan
isyarat menyikutnya seraya berkata: Mun ira bae Mun”. Akhirnya mbah Ma’mun pun
terkejut atas perilaku Abbas tadi, dan merekapun saling tuding menunjuk, namun
akhirnya mbah Ma’mun pun menjawab kemusykilan tadi, dan kemudian dengan
kerendahan hatinya beliau berkata bahwa jawabannya tadi adalah semata-mata
karena petunjuk dari Allah SWT.
Setelah kejadian itu kyai
syatori menyerahkan urusan pengajian Alfiyyah kepada Mbah Ma’mun, dan setelah
hatam membaca kitab Alfiyyah beliau meneruskannya dengan pengajian kitab Uqudul
juman, diantara santri yang mengikuti pengajian adalah prof.KH Maki dari Kali
Tengah yag merupakan lulusan dari mesir.
B. Dari Pesantren ke Pelaminan
Di usianya yang ke dua puluh
lima tahun, mbah ma’mun nyantri pada Kyai Amin bin Idris di Daerah Pekalongan.
Ketika Kyai Amir sakit, Mbah Ma’munlah yang meneruskan penajian-pengajian, atas
perintah Kyai Amir sendiri . Diantara kitab yang dibacanya: Tafsir Baedlowi,
Asmuni, dan kitab samlawi, yang mana kitab-kitab tersebut sama sekali belum
pernah beliau ngaji, tapi atas petunjuk Alllah SWT, Beliau tidak merasa
kesulitan didalam membacanya.
Sampai akhirnya Kyai Amir pun
pulang ke Rahmatullah “innalillahi wa inna illaihi rooji’uun”. Terakhir kalinya
Beliau menuntut ilmu di lasem Jawa Timur, Nyantri kepada Kyai Ma’sum sampai akhirnya
tibalah hari bahagia yang yang penuh pada usia 25 tahun,mbah Na’mun
melaksanakan akad nikah antara seorang kyai dengan putri seorang kyai yang
bernama Nyai Mu’tiah pada tahun 1938.
C. Mendirikan Pondok Pesantren
Assalafiyyah
Lembaran sejarah baru telah
dibuka, berselang dua tahun dari pernikahan beliau, tepatnya tahun 1940 bersama
dengan bapak mertuanya KH Manshur, pondok pesantren Assalafiyyah di dirikan
sebanyak tiga lokal yang berlokasi disebelah utara Masjid Al-Istiqomqh
Luwungragi. Tetapi ketika Agresi Militer Belanda 11 tahun 1942, mbah Ma’mun
meninggalkan pesantren untuk menghindari incaran Belanda menuju ke Cirebon.
KH.Ma’mun Ma’sum atau lebih
dikenal dengan nama Mbah Ma’mun Beliau dilahirkan pada tanggal 5 Oktober 1918.
Beliau di lahirkan di tengah-tengah keluarga yang sederhana , dari pasangan
H.Ma’shum dan Hj.Mu’minah. Semenjak kecil beliau sudah dididik dengan didikan
khusus ayahandanya .
Ketika genap berusia 6 tahun
beliau beserta kakaknya diantar ayahandanya berkunjung ke seorang kyai yang
bernama Mohammad Arif dari Asem Cirebon. mulut mereka diludahi olehnya, beliau
langsung menelan ludah tersebut sedang kakaknya memuntahkannya. Setelah kejadian
itu beliau diperintah untuk menghafalkan nadzom-nadzom, diantaranya: Tuhfatul
Akhbab, Amriti dan Alfiyyah.
Ketika berumur 9 tahun beliau
sudah mampu menghafal nadzom Alfiyyah yang berjumlah 1002 bait, dari sini telah
tampak jelas kecerdasan yang beliau miliki, yang mungkin jarang terjadi pada
anak seusia beliau. Pada usia belasan tahun, mulailah beliau mengaji kitab
Alfiyyah yang langsung dididik oleh ayahandanya, setelah kitab Alfiyyah di
khatamkan, beliau nyantri kepada seorang kyai ahli alat yang bernama Kyai
Zakaria guru Kyai Sanusi Babakan, Ciwaringin, Cirebon-, disana beliau mengaji
beberapa ilmu salaf dengan penuh ketekunan dan kesemangatan.
A. Dari Pesantren ke Pesantren
Masa remaja beliau hanya
dihabiskan untuk mencari ilmu dari pesantren satu ke pesantren yang lain,
semangat beliau dalam menuntut ilmu sangat membara sekali sehingga terbersit
suatu cita-cita yang luhur. Di usianya yang ke 17 tahun dengan penuh semangt
beliau pergi menuntut ilmu ke daerah kadu gede kabupaten kuningan, disana
beliau berguru kepada Kyai Anwar selama kurang lebih empat bulan.
Kemudian beliau pulang ke rumah
dan meneruskan ngaji kepada ayahandanya. Setelah berusia 19 tahun beliau
menyantren lagi di daerah Gentur Sukabumi disana beliau berguru kepada Hadratus
Syeh Abdus Syukur. Ketika sedang semangat-semangatnya menuntut ilmu dan tidak
ada yang di pikirkannya, selain bagaimana cara menggapai cita-citanya yang
luhur, Syeh Abdussyukur gugur ditembak Belanda. Inna lillahi wa inna ilaihi
rojiuun.
Dengan hati yang sedih atas
berpulangnya syeh Abdussyukur ke Rahmat Allah. akhirnya beliau meninggalkan
pesantren Gentur untuk melanjutkan belajarnya ke pesantren Babakan
Ciwaringin,Cirebon, nyantri kepada Hadratus Syeh Kyai Sanusi dan Hadratus Syeh
Kyai Amin. Karena dinilai Kyainya bahwa beliau sudah cukup matang maka beliau
disuruh mengajar, akan tetapi entah dengan alasan apa beliau merasa keberatan
memenuhi perintah gurunya .
Akhirnya beliau melanjutkan
belajarnya di pesantren Babakan, namun hanya menimba ilmu kurang lebih dua
bulan. Kemudian beliau meneruskan pesantrennya ke Arjawinagun Cirebon, Nyantri
kepada Hadratus Syekh Syatori. Tatkala Kyai Syatori meniliti dan mengkaji
Alfiyyah dihadapan santri-santrinya, tiba-tiba Kyai Syatori mendapat
kemusykilan, maka Kyai Syatoripun mengajukan kepada dantri-santrinya untuk
memurosi nadzam tersebut.
Kemudian dari salah satu santri
yang duduk bersebelahan dengan mbah ma’mun menyeletuk seraya berkata: kulo
kyai”, Kyai Syatoripun mempersilahkan santri yang nyeletuk tadi (bernama Abbas)
untuk menjawab, akan tetapi Abbas menyerahkannya kepada Mbah Ma’mun dengan
isyarat menyikutnya seraya berkata: Mun ira bae Mun”. Akhirnya mbah Ma’mun pun
terkejut atas perilaku Abbas tadi, dan merekapun saling tuding menunjuk, namun
akhirnya mbah Ma’mun pun menjawab kemusykilan tadi, dan kemudian dengan
kerendahan hatinya beliau berkata bahwa jawabannya tadi adalah semata-mata
karena petunjuk dari Allah SWT.
Setelah kejadian itu kyai
syatori menyerahkan urusan pengajian Alfiyyah kepada Mbah Ma’mun, dan setelah
hatam membaca kitab Alfiyyah beliau meneruskannya dengan pengajian kitab Uqudul
juman, diantara santri yang mengikuti pengajian adalah prof.KH Maki dari Kali
Tengah yag merupakan lulusan dari mesir.
B. Dari Pesantren ke Pelaminan
Di usianya yang ke dua puluh
lima tahun, mbah ma’mun nyantri pada Kyai Amin bin Idris di Daerah Pekalongan.
Ketika Kyai Amir sakit, Mbah Ma’munlah yang meneruskan penajian-pengajian, atas
perintah Kyai Amir sendiri . Diantara kitab yang dibacanya: Tafsir Baedlowi,
Asmuni, dan kitab samlawi, yang mana kitab-kitab tersebut sama sekali belum
pernah beliau ngaji, tapi atas petunjuk Alllah SWT, Beliau tidak merasa
kesulitan didalam membacanya.
Sampai akhirnya Kyai Amir pun
pulang ke Rahmatullah “innalillahi wa inna illaihi rooji’uun”. Terakhir kalinya
Beliau menuntut ilmu di lasem Jawa Timur, Nyantri kepada Kyai Ma’sum sampai
akhirnya tibalah hari bahagia yang yang penuh pada usia 25 tahun,mbah Na’mun
melaksanakan akad nikah antara seorang kyai dengan putri seorang kyai yang
bernama Nyai Mu’tiah pada tahun 1938.
C. Mendirikan Pondok Pesantren
Assalafiyyah
Lembaran sejarah baru telah
dibuka, berselang dua tahun dari pernikahan beliau, tepatnya tahun 1940 bersama
dengan bapak mertuanya KH Manshur, pondok pesantren Assalafiyyah di dirikan
sebanyak tiga lokal yang berlokasi disebelah utara Masjid Al-Istiqomqh
Luwungragi. Tetapi ketika Agresi Militer Belanda 11 tahun 1942, mbah Ma’mun
meninggalkan pesantren untuk menghindari incaran Belanda menuju ke Cirebon.
Kemudian pada tahun 1947 beliau
mendirikan pondok pesantren di Cirebon tepatnya di desa Peterongan, dan pondok
itu juga dinamakan dengan nama Peterongan, sebab disekitarnya banyak ditumbuhi
tanaman terong. Akhirnya pada tahun 1968 mbah Ma’mun pulang kembali ke
Luwungragi untuk meneruskan perjuangan beliau yang tertunda setelah
memperkirakan dahulu bahwa keadaan di Luwungragi aman. Adapun santri yang
pertama kali mondok di Luwungragi adalah Amat yang berasal dari karang suwung.
Mulai tahun 1970 santri Luwungragi
mulai bertambah diantaranya: Harun dari Lengkong Kuningan, Husain, Nunung dan
Amin, santri-santri inilah yang merupakan cikal bakall Keluarga Besar
Assalafiyyah Brebes. Namun pada tahun 1971, santri-santri ini meninggalkan
pondok pesantren karena ada teroran dari sekelompok garong. Pada tahun 1973
setelah teroran dari garong itu berakhir, datanglah santri dari Kuningan yang
bernama Abdul Manaf,dan sejak itulah mullai nampakn perkembangan Pondok
Pesantren Assalafiyyah.
D. Wafatnya Mbah Ma’mun bin Ma’sum
Pada tanggal 26 Oktober 1986
kesedihan menyelimuti Assalafiyyah karena kami kehilangan seorang ulama besar
yang sangat kami cintai Inna llillahi wa inna ilaihi rooji’uun. Belliau adalah
ulama besar sang pembawa lentera dan entah dengan apa kami membalas jasa-jasa
beliau yang sangat berarti .Hanyalah Do’a yang dapat kami persembahkan untuk
mengiringi kepergiannya . Semoga Allah SWT membalas atas segala kebaikan beliau
. Amin ya robbal ‘Alamin.
Mulai tahun 1970 santri
Luwungragi mulai bertambah diantaranya: Harun dari Lengkong Kuningan, Husain,
Nunung dan Amin, santri-santri inilah yang merupakan cikal bakall Keluarga
Besar Assalafiyyah Brebes. Namun pada tahun 1971, santri-santri ini
meninggalkan pondok pesantren karena ada teroran dari sekelompok garong. Pada
tahun 1973 setelah teroran dari garong itu berakhir, datanglah santri dari
Kuningan yang bernama Abdul Manaf,dan sejak itulah mullai nampakn perkembangan
Pondok Pesantren Assalafiyyah.
D. Wafatnya Mbah Ma’mun bin
Ma’sum
Pada tanggal 26 Oktober 1986
kesedihan menyelimuti Assalafiyyah karena kami kehilangan seorang ulama besar
yang sangat kami cintai Inna llillahi wa inna ilaihi rooji’uun. Belliau adalah
ulama besar sang pembawa lentera dan entah dengan apa kami membalas jasa-jasa
beliau yang sangat berarti .Hanyalah Do’a yang dapat kami persembahkan untuk
mengiringi kepergiannya . Semoga Allah SWT membalas atas segala kebaikan beliau
. Amin ya robbal ‘Alamin.
No comments:
Post a Comment